Pelukan Berguna Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak Faktor yang meniliti satu demi satu ilmu kesehatan,
salah satunya adalah pelukan terkadang disepelekan.

Padahal, berpelukan amat berguna untuk kesehatan tubuh.
Seperti dilansir MindBodyGreen, Rabu, 21 Januari 2015, setiap orang membutuhkan pelukan setidaknya delapan kali dalam sehari.
Kenapa harus delapan kali? Sebab, pelukan ternyata memiliki sejuta manfaat bagi siapa saja yang melakukannya.

Berikut manfaat pelukan

1. Memberikan rasa aman
Setiap orang, tak peduli umur berapa pun, membutuhkan rasa aman. Menurut MD Junction, pelukan dapat membangun rasa percaya dan dapat memberikan perasaan aman.

2. Merangsang kinerja hormon
Pelukan dapat merangsang kinerja hormon baik, yaitu oksitosin dan serotonin, yang membuat Anda merasa tenang, bahagia, dan menjauhkan perasaan kesepian.

3. Meningkatkan keterikatan emosi dan spiritual dengan pasangan
Menurut Babble, pelukan memaksa Anda berinteraksi secara fisik. Karena itu, Anda dan orang yang dipeluk merasakan keterikatan emosi dan spiritual. Ini penting untuk menjaga kualitas hubungan pasangan suami-istri.

4. Meningkatkan rasa percaya diri
Pelukan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Orang yang tumbuh dalam lingkungan keluarga di mana pelukan merupakan hal yang penting biasanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi, karena mereka terbiasa merasa berharga dan dicintai.

5. Menjadi lebih relaks
Pelukan ternyata juga dapat melemaskan otot-otot yang tegang, melepaskan tekanan dari tubuh kita, dan mengatasi rasa sakit dengan meningkatkan sirkulasi ke jaringan tubuh.

6. Menyeimbangkan pikiran
Pelukan dapat menyeimbangkan kondisi kejiwaan. Respons dari rangsangan antarkulit yang terjadi antara dua orang saat berpelukan mengantarkan kelembapan dan reaksi listrik di kulit, yang akhirnya menjadikan kondisi mental jadi lebih seimbang.

7. Pelukan mengajarkan kita tentang memberi dan menerima
Pelukan dapat mengajarkan kepada kita bagaimana caranya memberi dan menerima. Sebuah pelukan memberikan perasaan menerima dan diterima secara bersamaan, menunjukkan bagaimana kasih sayang dapat berjalan dari dua arah.

8. Satu pelukan setara dengan meditasi
Pelukan mengajarkan seseorang untuk melepaskan segala beban dan masalah yang sedang dihadapi dan membuat seseorang mengalir bersama energi kehidupan. Dengan berpelukan, Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk mendaftar kelas yoga dan meditasi.

9. Meningkatkan empati
Energi yang tersalur dari pasangan yang sedang berpelukan merupakan investasi dalam sebuah hubungan. Dapat meningkatkan empati di antara Anda dan pasangan.

10. Membuka jalur komunikasi
Pelukan dapat membuka jalur komunikasi dan melepaskan ketegangan dalam hubungan. Sebuah pelukan akan menjadi obat yang manjur untuk mengembalikan suasana setelah Anda dan pasangan berbaikan




0 komentar:

Posting Komentar

Mari Bergabung